Wednesday 5 January 2011

10 Kisah Percintaan yang Melegenda

Setiap negara punya kisah percintaan yang melegenda dan menjadi inspirasi setiap orang di penjuru dunia. Nah, inilah sepuluh diantaranya yang bisa menjadi panutan.

1. Romeo dan Juliet:

Romeo dan Juliet adalah cerita cinta yang terjadi pada abad ke 16. Cerita yang berkembang di Inggris ini mengisahkan tentang dua sejoli yang ditentang oleh kedua keluarga. Romeo dan Juliet dua anak muda akhirnya menemui ajalnya dalam cerita yang digubah oleh Shakespeare di tahun 1956 itu.

2. Peter Abelard dan Heloise:

Peter Abelard and Heloise adalah kisah cinta bersejarah di abad ke 12 yakni di Perancis. Hubungan antara murid dan guru itu akhirnya berakhir pada pernikahan diam-diam. Namun sayangnya paman dari Abelard mengeahui hal itu dan di kebiri. Abelard akhirnya menjadi rahib/rabi. Mereka di pisahkan namun mereka terus berkirim surat hingga akhir hayat mereka.

3. Shah Jahan dan Arjumand Bann Begum:
Shah Jahan and Arjumand Bann Begum adalah cerita diabad 17th dalam sejarah India. Pasangan yang saling mencintai ini harus berpisah saat sang istri meninggal di usia 39 tahun saat melahirkan anak ke 14.  Sang suami akhirnya membuat Taj Mahal (sampai sekarang menjadi simbol cinta di India) sebuah bangunan megah untuk mengenang sang istri.

4. Kermit dan Miss Piggy:
Kermit and Miss Piggy adalah cerita abad 20 dari Amerika. Kisah cinta yang unik memang tidak melihat perbedaan apapun.

5. Robert dan Elizabeth Barrett Browning:

Robert and Elizabeth Barrett Browning cerita klasik abad 19 dari Inggris. Elizabeth menentang keluarganya untuk menikah dengan seorang penyair. Mereka melarikan diri ke Italia dan menghasilkan sebuah karya yang terkena "Sonnets from the Portugese."

6. Rhett Butler dan Scarlett O’Hara:
Rhett Butler and Scarlett O’Hara kisah cinta abad 20 dalam literatur Inggris. Kisah percintaan mereka terjadi saat perang sipil.

7. Cinderella dan Prince Charming:

Cinderella dan Prince Charming dari abad 17 yang berasal dari Perancis. Berasal dari legenda Eropa Barat yang memberikan pesan pada perempuan, kalau pangeran cinta akan datang untuk mereka yang baik hati.

8. Dante Alighieri dan Beatrice:
Dante Alighieri dan Beatrice berasal dari cerita di abad 13 di Italia. Seorang penulis terinspirasi oleh teman masa kecilnya. Namun mereka tidak pernah bersama (menikah). Namun Beatrice  selalu menjadi inspirasi sang penulis. Dante menuliskan banyak puisi yang beberapa diantaranya "The Divine Comedy" dan  31 sajak cinta "La Vita Nuova".

9. Guinevere and Lancelot:
Guinevere and Lancelot, berasal dari cerita abad ke 14 Inggris. Kisah cinta kerajaan ini melibatkan antara raja dan ratu dalam merebut kekuasaan.

10. Layla dan Majnun:
seorang pemuda penyair bernama Qais yang tergila-gila oleh seorang gadis bernama Laila. Kecintaan terhadap Laila membuat Qais benar-benar menjadi "gila" sehingga dijuluki "si majnun" (majnun adalah kata dalam bahasa arab yang artinya adalah gila). karena kegilaan ini si majnun justru tidak bisa menikah dengan laila.

Laila akhirnya menikah dengan ibnu salam, seorang pemuda yang sangat penyabar. Laila mencintai majnun, namun ia tidak kuasa menolak lamaran ibnu salam yang memang sangat baik. Laila tidak pernah mencintai suaminya, sementara majnun dengan kegilaannya menjadi penyair yang kemana-mana meneriakkan perasaan cintanya kepada Laila. 

 Sumber: http://www.rileks.com/funz/top-10-hot/36721-top-ten-kisah-percintaan-epik-yang-melegenda.html

Salam my blog

No comments:

Post a Comment